HOME

Jumat, 24 Juni 2011

5 Kebiasaan yang Membuat Tubuh Cepat Lelah


Tubuh yang cepat lelah pasti membuat Anda tidak maksimal saat bekerja. Pemicunya bisa jadi banyak hal.

Jika Anda tidak mengidap penyakit tertentu tetapi seringkali merasa lelah, coba perhatikan kebiasaan sehari-hari. Itu karena ada lima kebiasaan yang membuat tubuh cepat lelah. Ketahui kebiasaan yang dilansir dari Shine berikut, agar Anda bisa menghindarinya.

1. Kecanduan kopi atau minuman bersoda
Kafein dalam kopi atau minuman bersoda sangat tinggi. Terlalu banyak kafein ini bisa membuat beban pada kelenjar adrenal bertambah, efeknya adalah tubuh jadi mudah merasa lelah.

Sulit memang menghentikan kebiasaan minum kopi atau minuman bersoda. Tetapi jika Anda terbiasa minum lebih dari empat gelas atau lebih setiap hari, sebaiknya mulai kurangi.

2. Postur tubuh yang buruk
Duduk berjam-jam atau tubuh yang membungkuk juga membuat Anda mudah lelah. Itu karena postur tubuh yang buruk memicu banyak masalah kesehatan.

Dr Adrian Couzner, ahli pengobatan tulang punggung, asal Australia, menekankan bahwa sikap tubuh yang buruk memberikan kontribusi pada kelelahan karena membuat mobilitas sendi dan otot berkurang serta menguras energi. Bila membungkuk, Anda membuat tubuh bekerja lebih keras hanya melakukan gerakan sederhana.

3. Napas pendek
Pernapasan yang pendek membatasi jumlah oksigen yang mengalir ke otak dan tubuh, dan membuat tubuh mudah lelah. Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, perhatikan ritme pernapasan.

Napas pendek sangat mudah Anda alami, jika tidak banyak bergerak selama berjam-jam. Untuk itu, ambil waktu untuk istirahat, lakukan peregangan, berjalan-jalan, atau lakukan latihan pernapasan agar aliran oksigen kembali lancar.

4. Mengonsumsi makanan cepat saji

Menurut Nadine Saubers, penulis buku ‘The Complete Idiot’s Guide to Fighting Fatigue’, mengungkap, makanan cepat saji adalah pemicu utama rasa pusing dan lelah. Untuk itu lebih selektiflah dalam memilih menu makanan. Kurangi konsumsi makanan cepat saji.

5. Selalu menahan emosi
Pastikan kondisi emosi Anda selalu stabil dan tersalurkan dengan baik. Itu karena, menahan emosi bisa membuat Anda mudah stres dan kelelahan luar biasa. Jika Anda sedih atau kesal, menyalurkankan pada tulisan atau menceritakannya pada orang yang dipercaya bisa dilakukan. Jangan memendamnya sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar