HOME

Rabu, 28 September 2011

Pengaruh Kafein Pada Kesehatan Seksual Pria

Kopi, teh, atau makanan dan minuman yang mengandung kafein bisa berpengaruh pada kesehatan seksual pria. Pengaruhnya bisa baik atau buruk, tergantung dari cara dan jumlah konsumsinya.

Masih banyak perdebatan tentang aman/tidaknya konsumsi kafein terhadap kehidupan seks seseorang, khususnya pria. Beberapa studi menunjukkan, dalam dosis rendah, kafein bisa memberi dampak positif. Sebaliknya, bila dikonsumsi terlalu banyak, akibatnya bisa fatal.

Dampak Positif Kafein

Dalam jumlah cukup, kafein bisa meningkatkan daya ingat jangka pendek. Zat ini juga membantu melawan rasa cemas, kantuk dan membuat tubuh lebih aktif.

Singkatnya, kafein bisa meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan dan tentunya akan sangat berguna bila pria dan pasangannya akan bercinta di tempat tidur. Bahkan dalam dosis yang benar, kafein dipercaya bisa menyembuhkan disfungsi ereksi pada pria untuk sementara, sebelum melakukan pengobatan ke dokter.

Lalu, apa dampaknya bila konsumsi kafein berlebihan?

Dampak Negatif Kafein

Kafein merupakan zat adiktif. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan timbul berbagai gejala negatif. Kelebihan kafein bisa menyebabkan sakit kepala, lekas marah dan tubuh terasa lesu. Minum kopi sebelum tidur, bisa menyebabkan insomnia.

Dikutip dari Lifemojo, kadar kafein tinggi dalam tubuh bisa menstimulasi peningkatan kelenjar pada ginjal. Kelenjar ini akan menghantarkan hormon adrenalin pada otak dan tubuh. Adrenalin merupakan hormon yang dilepaskan saat seseorang mengalami stres atau panik.

Kadar hormon yang berlebihan ini akan memengaruhi performa seksual dan menurunkan gairah bercinta pada pria. Dalam jumlah di atas normal, kafein bisa menyebabkan seseorang lekas marah, depresi dan kegelisahan. Kondisi mental ini berakibat menurunnya libido.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar