HOME

Kamis, 06 Maret 2014

Apa Anda Perlu Konsultasi dengan Psikolog dan Apa Manfaatnya ?

 Konsultasi psikologi atau yang biasa disebut konseling adalah suatu proses interaksi antara pihak yang membutuhkan bantuan (disebut konseli/klien) dengan pihak yang mendapat keterampilan khusus memberi bantuan (disebut konselor/helper) dalam suatu hubungan yang formal dan profesional

Banyak orang yang merasa segan untuk berkonsultasi dengan psikolog ketika mereka sedang mengalami masalah dalam hidupnya. Hal ini kemungkinan terjadi karena mereka merasa bahwa ada stigma negatif apabila mereka berkonsultasi dengan seorang psikolog. Mereka merasa bahwa dengan bertemu psikolog mereka akan mendapat predikat orang yang “sakit mental”.

Dahulu memang banyak orang yang berpikir bahwa hanya orang “sakit mental” yang perlu bantuan dari psikolog. Selain memang seorang psikolog dapat membantu orang yang terkena “sakit mental”, pada realitanya seorang psikolog juga dapat membantu orang-orang dalam permasalahan keseharian lainnya.

Setiap manusia pasti berkenalan dengan masalah, konflik dan situasi/kejadian yang tidak menyenangkan terkait dengan diri sendiri, orang lain maupun lingkungan sekitar. Hal ini merupakan hal yang wajar sebagai suatu tahapan dari pengalaman hidup dan perkembangan diri seseorang. Oleh karena itu, kita semua pasti mengalami atau memiliki saat-saat dimana diri kita merasa down (sedih, kecewa, tidak bersemangat, stres, depresi dll) ataupun malah sebaliknya merasa takut, cemas, terlalu bersemangat dll.

Banyak kejadian-kejadian dalam hidup ini yang dapat maupun tidak dapat dihindari yang membuat kita merasakan hal-hal seperti diatas. Ada kalanya pula kita dapat mengatasi masalah atau perasaan tersebut dengan baik namun ada kalanya dimana kita merasa stuck, bingung, cemas tanpa tahu harus mengadu kemana dan berfikir bahwa tidak ada seorang pun yang dapat membantu.

Konseling merupakan salah satu cara yang tepat untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan-permasalahan dalam hidup. Konseling membantu kita untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi atau alternatif yang tepat dan menyadarkan akan adanya potensi dari setiap manusia untuk dapat mengatasi berbagai permasalahannya sendiri.

Ada beberapa keuntungan yang bisa di dapat dengan melakukan konseling, diantaranya :

  • Menurunkan / menghilangkan stress
  • Membuat diri kita merasa lebih baik, bahagia, tenang dan nyaman
  • Lebih memahami diri sendiri dan orang lain
  • Merasakan kepuasan dalam hidup
  • Mendorong perkembangan personal
  • Meningkatkan hubungan yang lebih efektif dengan orang lain
  • Memaksimalkan fungsi diri dan kehidupan kita sehari-hari
  • Mengangkat semangat diri

    Disadari atau tidak pada dasarnya setiap manusia memiliki kekuatan dan banyak hal-hal positif dalam dirinya. Konseling menyadari bahwa setiap orang tidak terlepas dari masalah dan berharap dapat membantu kita semua untuk melewati permasalahannya dengan lebih baik dan positif sehingga dapat memberikan dampak yang lebih baik pula pada diri kita masing-masing.

  •  Berikut ini adalah beberapa masalah yang dapat dibantu oleh seorang psikolog :

    1. Keluarga
    Masalah dalam keluarga biasanya terjadi apabila ada konflik antara anggota keluarga. Biasanya konflik terjadi  antara orang tua dengan anak, suami dengan istri, juga antara pasangan yang akan menikah, dan masih banyak yang lain. Permasalahan dalam keluarga yang tak segera ditangani tentunya dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak, yang selanjutnya dapat berdampak pada kehidupan anak saat dewasa kelak.

    2. Karir
    Ada sebagian orang yang sudah bekerja dan mempunyai jabatan yang tinggi tapi merasa tak nyaman dengan pekerjaan yang dilakukannya saat ini. Mengapa bisa  terjadi? Kemungkinan besar hal ini terjadi karena karir yang sedang dijalani oleh orang tersebut kurang sesuai dengan gaya pribadinya. Setiap orang mempunyai gaya pribadi yang unik dan dapat berkembang secara optimal bila karirnya tersebut dapat menggunakan kekuatan-kekuatan yang ada pada gaya pribadi tersebut.

    3. Pendidikan
    Berulang kali mencoba masuk jurusan tertentu di berbagai universitas namun tak kunjung lulus seleksi masuk. Kegagalan yang terjadi berulang kali ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Selain karena faktor intelegensi, kemungkinan lainnya – serupa dengan masalah karir – adalah karena gaya pribadi yang mungkin tidak cocok dengan karakter pendidikan yang akan ditempuh. Kesesuaian antar gaya pribadi dengan pendidikan (dan karir nantinya) sangat dibutuhkan demi kebahagiaan yang menjalani.

    Masalah atau konflik-konflik keseharian di atas ini hanya contoh kecil dari hal – hal yang dapat menyebabkan depresi, kecemasan, trauma, dll. Bila tidak diselesaikan dengan segera maka konflik ini berpotensi mengakibatkan masalah berkepanjangan yang pada akhirnya bisa mempengaruhi kebahagiaan seseorang dalam segala aspek hidupnya, dan bahkan juga kesehatannya.  Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan seorang psikolog demi kebaikan diri Anda.

    4. Gangguan Klinis (Gangguan kepribadian, gangguan kecemasan, kesulitan konsentrasi, dsb)
    5. Analisa/Diagnosa Gangguan Psikologi. 
    6. Penanganan Psikologi (Psikoterapi & Hipnoterapi) 
    7. Dll

    Kini konseling psikologi sudah cukup mudah anda temukan dimana-mana, khususnya kota Medan, seorang psikolog yang berlatar belakang psikologi klinis dapat memberikan bantuan psikis kepada anda yang memiliki keluhan psikologi.
      
    Accurate Health Center Medan merupakan pusat pengobatan holistik  yang menyediakan terapi psikologi, hipnoterapi, akupunktur akan membantu anda dapat rangka memberikan sebuah sesi terapi penyembuhan bagi pasien yang mempunyai gangguan psikologi.

    Pengobatan "Accurate" Health Center merupakan pengobatan yang aman, alami dan tanpa efek samping. Rahasia Terjamin.

    Hubungi "Accurate" Health Center untuk penangananya.

    "Accurate" Health Center Medan
    Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
    Telp. (061) 7322480
    Medan

    Website : Http://www.accuratehealth.blogspot.com 

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar