HOME

Senin, 31 Oktober 2011

Kurang Minum Bisa Bikin Bad Mood

Ternyata kurang minum air putih tidak hanya mengakibatkan gejala penyakit ringan, seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, maupun sakit kepala. Namun yang lebih fatal, bisa membuat denyut nadi cepat, halusinasi, gangguan pada pembuluh darah otak dengan akibat kelumpuhan bahkan berujung pada kematian.

Kita biasanya hanya minum air ketika merasa haus atau sehabis makan, padahal persediaan air yang cukup dalam tubuh sangat dibutuhkan oleh organ-organ dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari sistem hidup kita. Air dalam tubuh sangat vital perannya dalam proses pencernaan dan metabolisme.

Meski kebutuhan air setiap orang berbeda, menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, usahakan tubuh untuk mendapatkan pasokan air 6-8 gelas per hari (1,5-2 liter) untuk orang dewasa.

Belakangan terdapat penelitian baru yang dilakukan ilmuwan Lawrence E Armstrong dari Department of Kinesiology & Nutritional Sciences, University of Connecticut, AS. Bahwa, kurang minum bisa berdampak diliputi perasaan suntuk dan tidak bergairah dalam menjalankan aktivitas alias bad mood. Kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi amat berpengaruh pada perasaan dan suasana hati seseorang.

Dalam penelitiannya pada pertengahan Juli lalu, diambil satu kelompok yang terdiri dari 25 pria sehat dan 26 wanita sehat. Setiap orang diminta berjalan di atas treadmill dalam ruangan bersuhu 28 derajat celsius.

Sebagian orang kemudian diberi air minum sebagai pengganti cairan, sedangkan sebagian lainnya tidak. Setiap orang juga meminum pil pengukur suhu tubuh untuk mengukur suhu tubuh di dalam usus.

Hasilnya, peningkatan suhu tubuh ternyata tidak berhubungan dengan perubahan mood. Namun, kondisi dehidrasi berpengaruh pada mood. "Dehidrasi 1,5% dari berat badan saja sudah dapat memengaruhi mood meski suhu tubuh tidak meningkat," jelas Armstrong.

Penelitian tersebut memberikan wawasan baru bagi kita akan pentingnya terus menjaga pola minum air yang cukup. Dengan begitu, aktivitas kita tidak terganggu oleh suasana hati yang buruk.

Memperbanyak minum air putih telah terbukti menyehatkan, membuat tubuh lebih bugar, memberi efek relaksasi, bahkan membuat kulit bersinar alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar