HOME

Rabu, 22 Februari 2012

(Penelitian) Akupunktur Cegah Efek Buruk Depresan

AKUPUNKTUR efektif mengurangi depresi selama kehamilan. Peneliti dari Stanford University School of Medicine menyatakan, perempuan yang sedang hamil dan mengalami depresi bisa mencegah efek buruk antidepresan terhadap bayi dengan cara beralih ke akupunktur.

Peneliti menemukan bahwa akupunktur lebih efektif mengurangi gejala-gejala depresi dibandingkan teknik-teknik non-farmakologi lainnya.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Obstetrics & Gynecology ini, peneliti melibatkan 150 perempuan hamil yang didiagnosis mengalami gangguan depresi berat.

Partisipan dibagi ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama melakukan akupunktur yang didisain khusus untuk depresi (depression-specific acupuncture), kelompok kedua menerima tusukan jarum di titik akupunktur dan kelompok ketiga melakukan terapi pijat.

Semua perempuan melakukan terapi selama delapan minggu. Pada minggu keempat dan kedelapan, mereka diwawancarai oleh seseorang yang tidak mengetahui jenis terapi yang mereka terima.

Hasil menunjukkan, 63 persen perempuan yang menerima depression-specific acupuncture melaporkan mengalami pengurangan gejala yang signifikan. Sedang dari kedua kelompok lainnya, hanya 44 persen partisipan yang melaporkan mengalami pengurangan gejala.

"Mengingat begitu banyak perempuan yang enggan menggunakan antidepresan selama kehamilan, sangat penting mencari alternatif lain," terang peneliti Rachel Manber, PhD, seperti dikutip situs webmd.com.

Menurut peneliti, 14 persen perempuan hamil mengalami gejala depresi. Dan perempuan ini, terang peneliti, sangat perlu menjalani pengobatan. Dengan mengatasi depresi, mereka akan bisa menjaga diri sendiri, janin serta bayi mereka setelah lahir

Accurate Heatlh Center Medan merupakan penggabungan antara pengobatan psikis dan fisik. Pengobatan psikis dapat berupa konsultasi psikologi atau konseling, hipnoterapi maupun psikoterapi bagi penderita depresi. Sedangkan pengobatan fisik lebih cenderung kepada pengobatan tradisional dengan menggunakan terapi akupunktur, terapi pijat maupun ramuan tradisional Cina.

Accurate Heatlh Center akan membantu anda dengan menemukan beberapa solusi dan terapi yang tepat bagi penderita depresi secara aman dan tanpa efek samping.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk mendapatkan penangananya.

"Accurate"
Health Center
Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar