HOME

Jumat, 10 Februari 2012

Pengobatan Akupunktur Perut Kembung

Perut kembung (flatulen) bukan penyakit tapi gejala. Jika terlalu banyak udara di dalam usus maka perut menjadi kembung. Sedikit udara dalam usus adalah normal, demikian pula bau tidak sedap yang keluar darinya melalui anus (kentut). Setiap hari rata-rata kita memproduksi 0,5 -1,5 liter gas di perut dan kentut 10 kali. Bau busuk kentut disebabkan oleh bakteri usus, yang menghasilkan gas berisi belerang. Berapa jumlah udara di dalam usus yang membuat kembung berbeda-beda pada setiap orang. Beberapa orang sudah merasakan gangguan dengan jumlah kecil gas dalam perut, yang lainnya tidak sesensitif itu.

Bersendawa adalah aksi mengeluarkan gas dari perut melalui mulut. Penyebab umum dari bersendawa adalah perut yang menggelembung disebabkan oleh udara yang tertelan. Penggelembungan perut menyebabkan ketidakenakkan perut, dan bersendawa mengeluarkan udara dan menghilangkan ketidakenakkan ini. Penyebab-penyebab umum dari menelan jumlah udara yang besar adalah meneguk makanan atau minuman terlalu cepat, ketakutan, dan minuman-minuman bersoda. Orang-orang seringkali tidak sadar bahwa mereka sedang menelan udara. Bayi-bayi yang bersendawa sewaktu minum susu dari botol atau asi adalah penting untuk mengeluarkan udara didalam perut yang telah tertelan dengan susu.

Buang Gas adalah tindakan melepaskan gas usus dari anus. Gas dalam saluran pencernaan hanya mempunyai dua sumber. Ia adalah udara yang tertelan atau ia diproduksi oleh bakteri-bakteri yang biasanya menghuni usus-usus, terutama usus besar (colon). Udara yang tertelan jarang adalah penyebab dari gas didalam usus yang berlebihan. Sumber yang umum adalah produksi gas yang berlebihan oleh bakteri-bakteri usus. Bakteri-bakteri menghasilkan gas (hydrogen dan/atau methane) ketika mereka mencerna makanan, terutama gula-gula dan polisakarida-polisakarida (contohnya, tajin, selulosa), yang belum tercerna sewaktu melewati usus kecil. Gula-gula yang umumnya dicerna dengan kurang baik (maldigested) dan terserap kurang baik (malabsorbed) adalah lactose, sorbitol, dan fructose. Lactose adalah gula didalam susu. Ketidakhadiran enzim lactase pada lapisan usus-usus, yang mana adalah ciri genetik, menyebabkan pencernaan yang kurang baik (maldigestion). Lactase adalah penting karena ia menguraikan lactose sehingga ia dapat diserap. Sorbitol adalah pemanis yang umum dipakai pada makanan-makanan rendah kalori. Fructose adalah pemanis yang umum dipakai pada semua tipe-tipe dari kembang gula dan minuman-minuman.

Penyebab

Perut kembung dapat disebabkan oleh masuk angin (aerophagia) atau karena usus membuat banyak gas. Pada kebanyakan kasus, perut kembung tidak berbahaya dan disebabkan oleh pola makan yang buruk. Makan terburu-buru menyebabkan produksi gas usus lebih banyak dari biasanya. Jenis makanan/minuman tertentu seperti minuman bersoda, kopi, ubi jalar, durian, kubis, bawang, buah mengkal, makanan terlalu berlemak atau terlalu manis dapat menyebabkan perut kembung. Stres dan kecemasan juga bisa mengakibatkan perut kembung.

Pada kasus yang jarang, perut kembung dipicu oleh alergi/intoleransi obat dan makanan serta penyakit seperti dispepsia, gangguan pankreas, dan sembelit.

Diagnosis

Diagnosis perut kembung dilakukan dengan wawancara dan pemeriksaan fisik. Kemungkinan besar adanya sakit perut, muntah, mual, diare atau sembelit serta kebiasaan dan pola makan.

Pengobatan

Pengobatan akupunktur telah banyak dipakai oleh masyarakat modern sebagai pengobatan utama maupun pengobatan tambahan dalam mengobati penyakit yang diakibatkan oleh masuk angin, karena pengobatan akupunktur cukup efektif dan mendominasi dalam hal pengeluaran angin di dalam tubuh.

Pengobatan akupunktur untuk perut kembung dapat disembuhkan, begitu juga faktor pemicu lainnya, seperti mual, pusing, sakit kepala, muntaber, sembelit, sering bersendawa, masuk angin, mencret, sakit perut sampai dengan mengecilkan perut atau membuang lemak di dalam perut.

"Accurate" Health Center merupakan pusat pengobatan tradisional Cina di kota Medan dapat membantu pasien mengobati penyakit melalui terapi akupunktur. Accurate Heatlh Center tergolong lengkap dari segi pengobatan, seperti terapi pijat, terapi bekam, fisioterapi, refleksi kaki, ramuan obat-obat tradisional sampai dengan hipnoterapi maupun konseling masalah psikologis. Pengobatan "Accurate" Health Center adalah pengobatan alami, aman dan tanpa efek samping.

Hubungi Accurate Health Center Medan untuk penanganan masalah perut.

"Accurate" Health Center Medan
Jl. Tilak No. 76 (Simpang Demak)
Telp. (061) 7322480
Medan

Website : http://www.accuratehealth.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar